100% Japon - Découvrir et comprendre en 546 images (French Edition)

100% Japon - Découvrir et comprendre en 546 images (French Edition)

B. Indonesia sebutkan contoh teks tanggapan sanggahan dan teks tanggapan pujian !​

sebutkan contoh teks tanggapan sanggahan dan teks tanggapan pujian !​

Jawaban:

Contoh teks tanggapan yang berisi kritikan adalah sebagai berikut:

Sejak virus Covid-19 masuk ke Indonesia, ekonomi semakin menurun bahkan dapat dikatakan mengalami penurunan yang sangat drastis. Sebagaimana yang telah diketahui, bahwa distribusi bantuan belum merata atau bahkan belum tepat sasaran. Banyak dari masyarakat yang kurang mampu masih belum mendapatkan bantuan secara merata. Pemerintah seharusnya lebih memperhatikan kembali dan meninjau ulang distribusi bantuan supaya lebih tepat sasaran.

Kasus korupsi bansos merupakan hal yang sangat disayangkan. Kejadian kasus korupsi memang bukanlah hal yang baru di Indonesia. Terlebih lagi jika dana yang dikorupsi adalah dana bansos yang mana seharusnya diberikan kepada orang yang sangat membutuhkan. Maka dari itu pemerintah seharusnya lebih tegas lagi dalam memberikan hukum supaya terdapat pencegahan dalam kasus korupsi di kemudian hari.

Dewasa ini, penggunaan bahasa yang efektif dan baku sangat jarang kita dengar. Para remaja seringkali menggunakan bahasa gaul daripada bahasa Indonesia yang baik dan benar. Hal ini disebabkan oleh kurang diperhatikannya praktik berbicara dengan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Pelajaran di sekolah juga hanya berisi teori dan jarang dipraktikan dalam kehidupan di luar. Sebab yang lain juga dikarenakan arus globalisasi, banyaknya penggunaan bahasa asing yang digunakan media untuk membuat iklan mengakibatkan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar semakin tergerus. Maka dari itu, sebaiknya perlu penambahan mata pelajaran yang khusus membahas tentang tata bahasa Indonesia dan praktik penggunaannya supaya para pelajar semakin terbiasa.

Cinta tanah air merupakan kewajiban setiap warga negara Indonesia. Hal ini harus selalu diperhatikan supaya tidak menggerus rasa cinta bangsa kepada negara. Namun, mencintai secara berlebihan atau menjadi fanatik juga tidak diperbolehkan. Contoh kasus intoleransi menjadikan perpecahan antar bangsa. Jika hal ini dibiarkan maka akan semakin merugikan bangsa. Maka dari itu, pemerintah harus masif dalam memberikan penyuluhan tentang toleransi.

Teks tanggapan berisi pujian

Ratih mengikuti pentas drama di sekolah Minggu lalu. Penampilan Ratih sungguh luar biasa. Peran yang dibawakan juga sangat cocok dengannya. Semoga Ratih dapat mempertahankan kemampuannya dalam bidang drama.

Indonesia merupakan negara yang kaya akan budaya dan bahasa. Kesuburan tanahnya juga tidak diragukan. Indonesia memang tanah surga dengan segala keindahannya.

Pak yayan menjadi salah satu pelukis terkenal di Kota Jakarta. Lukisan yang dibuat oleh beliau sangat unik dan memiliki nilai seni tersendiri.

Ibuku memasak ayam gulai kesukaanku kemarin. ayam gulai buatan ibu memang benar-benar lezat dan nikmat.

Beberapa contoh kalimat sanggahan :

  1. Saya setuju dengan pendapat Saudara bahwa koruptor mesti dihukum setegas-tegasnya, tetapi saya tidak setuju jika bentuk hukuman tersebut berupa hukuman ringan.
  2. Saya sependapat dengan Bapak soal pentingnya siswa untuk mendisiplinkan siswa di sekolah. Akan tetapi, Saya tidak setuju dengan metode yang Bapak gunakan untuk mendisiplinkan siswa kita di sekolah.

Beberapa contoh kalimat pujian :

  1. Lukisan itu sangat indah karena menggambarkan begitu indahnya pemandangan alam Indonesia.
  2. Film itu memang bagus dan layak ditonton.
[answer.2.content]